Dok. kendaraan pengangkut ternak babi di Kalimantan Barat..
Sumber :
  • tvOnenews - Tut Wuri Handayani

Pengiriman Dilakukan Menggunakan Jalur Darat, Virus Flu Babi Mengancam Kalimantan Barat

Jumat, 19 Mei 2023 - 22:20 WIB

Pontianak, tvOnenews.com - Ancaman virus flu Babi mulai mengancam Kalimantan Barat. Hal ini ditenggarai karena adanya kabar mengenai pengiriman ternak Babi dari luar Kalimantan Barat melalui jalur darat. Ternak Babi ini tidak dikirim melalui pelabuhan yang ada di Kalimantan Barat.

Praktisi kebijakan publik, Herman Hofi Munawar menyebutkan bahwa ternak Babi yang didatangkan melalui jalur laut dengan menggunakan pelabuhan, akan sangat mudah untuk dilakukan pengawasan. Selain itu juga akan mempermudah melakukan pengecekan dan strerilisasi armada pengangkutan sebelum dibawa ke tempat tujuan.  

Namun ketika didatangkan melalui jalur darat, tentu tidak akan terawasi dan terkendali dengan baik. Hal ini ditakutkan dapat memicu penyebaran virus flu Babi yang saat ini sedang melanda wilayah Kalimantan Barat.

"Jangan sebebas mungkin regulasi pemasukannya, apakah itu hewan ternak Babi, Sapi, Kambing, harus melalui pengawasan yang ketat dari instansi-instansi terkait dalam hal ini khususnya Pihak Karantina Hewan Kalbar. 
Karena jika tidak melalui pengecekan dan pengawasan yang benar, dampaknya akan sangat luar biasa bagi masyarakat kalbar," jelasnya.

Herman Hofi meminta kepada pemerintah daerah untuk segera melakukan penertiban masuknya ternak hewan Babi di Kalbar. Kedepannya bukan hanya herwan ternak Babi saja, termasuk juga hewan ternak Sapi, Kambing, juga unggas dan lainnya agar tidak boleh sembarangan masuk ke wilayah Kalimantan Barat.(twh/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral