Presiden Jokowi dan PM Fumio Kishida bahas peningkatan kemitraan Indonesia-Jepang.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi dan PM Fumio Kishida Bahas Peningkatan Kemitraan Indonesia-Jepang

Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida membahas peningkatan sejumlah kemitraan Indonesia-Jepang saat melakukan pertemuan bilateral di Hiroshima, Jepang pada Sabtu (20/5/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi sempat mendorong kembali percepatan penyelesaian perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Jepang (IJEPA).

Bahkan, Presiden Jokowi menargetkan perundingan tersebut bisa rampung pada September 2023.

"Karena ini sudah berjalan lama," ujar Presiden Jokowi yang kemudian menyebutkan beberapa usulan poin agar tercakup di dalam IJEPA seperti penghapusan tarif produk tuna kaleng, perluasan bidang kerja pekerja migran Indonesia (PMI) di sektor pariwisata dan industri serta implementasi capacity building.

Presiden Jokowi juga mengingatkan PM Kishida bahwa Indonesia telah memberikan fleksibilitas untuk produk pertanian dari Fukushima.

Sehingga, dia meminta hal serupa diberlakukan oleh Jepang untuk produk buah Indonesia.
Presiden Jokowi juga sempat menyinggung perihal investasi.

Termasuk diperlukannya percepatan penyelesaian proyek pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) di Indonesia sambil mengusulkan agar dilakukan penunjukan langsung kontraktor Jepang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral