Suasana Mencekam Diperbatasan Rohua-Tamilouw Maluku Tengah.
Sumber :
  • Christ Belseran

Gawat... Suasana Mencekam Diperbatasan Rohua-Tamilouw Maluku Tengah, Buntut Bentrokan antar Warga yang Mengakibatkan 2 Tewas dan 8 Luka-Luka

Selasa, 2 November 2021 - 19:25 WIB

Maluku Tengah, Maluku - Suasana mencekam diperbatasan antara Dusun Rohua, petuanan Negeri Sepa dan Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (2/11/2021) dinihari.

Warga Rohua bersiaga setelah mendapat informasi akan adanya penyerangan dari warga Tamilouw, buntut insiden bentrokan di Maluku Tengah yang terjadi Senin siang yang  mengakibatkan dua korban tewas dan 8 lainnya mengalami luka. Para korban mengalami luka bacok dan terkena anak panah.

Meskipun sejumlah aparat keamanan telah dikerahkan di perbatasan antara dua desa bertetangga ini (Rohua dan Negeri Tamilouw), namun warga tetap bersiaga penuh dan menolak membubarkan diri.

Dari informasi yang dihimpun tvonenews.com, sebagian perempuan dan anak-anak di Rohua memilih untuk tidur di rumah adat. Sedangkan laki-laki melakukan patroli dan penjagaan di pesisir pantai mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan. Hingga pukul 06.00 WIT, meskipun mencekam situasi di kedua desa masih tetap kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan sebelumnya oleh warga.

Informasi lain menyebutkan bahwa  di sekitar perbatasan kedua Negeri terdengar rentetan tembakan. Diduga tembakan peringatan dari aparat kepolisian yang mencoba menghalau kedua massa yang ingin saling serang.

Sebelumnya dikabarkan bahwa aksi baku hantam dua kampung tetangga ini pecah, menyusul ada aksi palang jalan yang dilakukan oleh warga Dusun Rohua. Aksi palang jalan terjadi akibat tidak adanya kejelasan dari pihak Pemerintah Negeri Sepa, terkait ganti rugi  atas sejumlah pohon yang ditebang oleh Orang Tak dikenal (OTK ) yang diduga berasal dari warga Negeri Tamilouw. Dugaan tersebut disebabkan Sepa dan Tamilouw sendiri sebelumnya berselisih terkait tapal batas tanah yang belum juga selesai.

 "Dugaannya seperti itu. Karena ada banyak tanaman umur pendek dan tanaman umur panjang milik warga Rohua di kawasan perbatasan yang ditebang oleh Orang Tidak diKenal," kata warga.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral