Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menggelar Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-8..
Sumber :
  • Humas Kementan

Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke-8, Kementan Hadirkan Ragam Varietas Unggulan

Senin, 29 Mei 2023 - 14:18 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - Dalam rangka mensosialisasikan pengenalan varietas-varietas unggul baru, yang bertujuan untuk menarik minat petani dalam mengganti varietas, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Menggelar Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-8.

Kegiatan ini akan berlangsung pada 29-31 Mei 2023, bertempat di Jogja Agro Park, Kulonprogo, DI. Yogyakarta. Event ini juga dimaksudkan sebagai wahana tukar Informasi serta Transfer Teknologi Perbenihan untuk peningkatan produksi dan produktivitas.

Dalam sambutannya melalui virtual, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa acara gebyar perbenihan tanaman pangan ini merupakan satu langkah di dalam memantapkan gerakan mengoptimalisasi pertanian indonesia dari semua tingkatan yang ada. Selain itu ia juga berharap kegiatan ini dapat menyatukan gerak langkah semua pihak di dalam mencoba menemukan teknologi benih terutama dalam menghadapi tantangan climate change, El Nino serta ancaman krisis pangan global. 

"Kita bisa bayangkan bahwa kita membutuhkan makanan yang sangat banyak, Oleh karena itu kita membutuhkan kualitas benih yang bisa lebih unggul, terus maju, berkembang dan makin modern, tidak hanya terpaku dengan benih yang ada sekarang tapi kita harus melakukan terobosan-terobosan benih yang lebih baik," ungkap Mentan SYL.

"Indonesia sebagai negara besar dengan penduduk 280 juta orang tidak boleh terganggu sangat signifikan dari kondisi yang ada,  jawabannya satu kita terus bergerak dan terus maju berkembang dan ini hanya ada kalau kebersamaan, antisipasi dan mitigasi terhadap apa yang menjadi kebutuhan kita untuk menjawab tantangan itu bisa dilakukan khususnya di dalam menyiapkan varietas-varietas yang tentu saja tahan kekeringan, tahan cuaca bahkan tahan hama yang pasti saja kita hadapi kedepan," Mentan SYL menambahkan.

Sementara itu, Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kementerian Pertanian yang telah berkenan mengadakan kegiatan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ini. 

"Kami dan semua jajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo beserta Pemerintah Daerah DI. Yogyakarta menyampaikan terima kasih dan  menyambut dengan sangat bangga dan antusias yang seluruh rekan-rekan dari seluruh provinsi bisa rawuh Hadir semua di tempat ini," ujar Tri Saktiyana.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral