Robot Catur UG-Bogoljubov merupakan sebuah robot karya Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma yang diketuai oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri, Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, S.Si,. M.Sc..
Sumber :
  • Humas Univ. Gunadarma

Universitas Gunadarma Siapkan Teknologi Pasca Pandemi dengan Menciptakan Robot UG-Bogoljubov

Selasa, 30 Mei 2023 - 09:10 WIB

Jakarta, tvOnenew.com - Pasca pandemi covid-19, Universitas Gunadarma berfokus melakukan pembangunan pada perkembangan teknologi, perkembangan pengetahuan dan bagaimana Universitas Gunadarma dapat berkontribusi akan hasil-hasil yang selama ini sudah dicapai agar bermanfaat bagi masyarakat. 

Pada sektor perkembangan teknologi, Universitas Gunadarma dikenal sebegai perguruan tinggi yang selalu mengedepankan produk-produk teknologi. Salah satu produk teknologi yang saat ini sedang dalam proses penyempurnaan adalah Robot Catur UG-Bogoljubov.

Robot Catur UG-Bogoljubov merupakan sebuah robot karya Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma yang diketuai oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri, Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, S.Si,. M.Sc atau yang akrab disapa Prof. Adang yang telah diresmikan pada tanggal 16 Oktober 2022 di UG-Technopark. Diketahui, robot ini merupakan robot pertama di Indonesia yang dirancang untuk dapat bermain catur melawan manusia. 

Salah satu uji coba yang pernah dilakukan yakni melawan Grand Master Catur Indonesia, Susanto Megaranto. Dari uji coba pertandingan catur yang dilakukan antara Robot UG-Bogoljubov dan Grand Master catur Susanto Megaranto selama kurang lebih 1 jam, ternyata hasil pertandingan menyatakan 2 kali seri dan 1 kali menang yang dimenangkan oleh Robot UG-Bogoljubov. 

Melalui adanya hasil uji coba yang baik ini, membuat Prof. Adang Suhendra dan tim tertarik untuk mengembangkan karya Robot UG-Bogoljubov lebih lanjut lagi agar dapat berkembang sesuai dengan taraf internasional

“Robot ini masih dalam proses penyempurnaan. Nantinya robot ini akan dibentuk serupa dengan manusia baik dari segi psikologi emosional maupun gestur dan gerak tubuhnya. Kami mengupayakan agar Robot Catur UG-Bogoljubov ini dapat lebih bermanfaat di kancah dunia percaturan Indonesia maupun internasional, “ ungkap Prof. Adang Suhendra dalam wawancaranya bersama UG TV di Jakarta.

Menurutnya, Robot Catur ini tidak hanya sekadar bermain catur saja. Adanya pengembangan dari segi AI dan system teknologi diharapkan dapat membuat robot ini mampu melakukan kegiatan yang lebih banyak seperti berkomunikasi dengan lawan jika hasil pertandingannya seri atau melakukan gerak-gerik emosional ketika memenangkan pertandingan ataupun saat kalah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral