Tangkapan layar - KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.
Sumber :
  • youtube TNI AD

Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Tunggal Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto

Rabu, 3 November 2021 - 12:06 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

DPR sudah menerima Surat Presiden (Surpres) perihal penunjukan KSAD Andika Perkasa sebagai pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki purnatugas akhir November 2021. 

"Pada hari ini melalui Mensesneg, Presiden sudah menyampaikan surat mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," ungkap Ketua DPR RI Puan maharani di Ruang Nusantara 3, DPR RI,Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Surat tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang kemudian diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani. Menurut Puan, Presiden dalam suratnya hanya mengusulkan satu nama calon Panglima kepada DPR RI  untuk dapat persetujuannya.

Menurut Puan, DPR RI akan segera menindaklanjuti Surpres tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku, yaitu akan menugaskan Komisi I DPR RI untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan.

"Selanjutnya, Komisi I DPR RI akan melaporkan hasil pelaksanaan uji kelayakan di dalam Rapat Paripurna untuk dapat memberikan persetujuan calon Panglima TNI usulan presiden," katanya.Ner

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral