Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rakernis Pusat Misi Divhubinter Polri di Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Rizki Amana

Kapolri Dapati Data 5 Juta Pekerja Migran Indonesia Lewat Jalur Ilegal Kebanyakan Jadi Korban Perdagangan Orang

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.comKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan jutaan WNI yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) berangkat melalui jalur ilegal. 

Hal itu didata pihaknya pada rapat kerja teknis Divisi Hubungan Internasional (Rakernis Divhubinter) di Pusat Misi Divhubinter Polri, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Bahkan jutaan Pekerja Migran Indonesia yang melalui jalur ilegal itu tercatat menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). 

"Terhadap masyarakat kita yang mungkin jadi korhan TPPO karena dari data yang ada dari 9 juta masyarakat yang kerja di luar negeri, kurang lebih 5 juta berangkat dengan cara ilegal," kata Listyo saat ditemui di bilangan Serpong Utara, Kota Tangsel, Rabu (31/5/2023).

Sementara itu, Listyo turut menanggapi pernyataan Menkopolhukam, Mahfud MD yang mengaku terhambat dalam mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO). 

Mahfud menyebut hambatan mengungkap praktik TPPO ditengarai adanya bekingan pada aksi tindak pidana tersebut. 

Listyo mengaku saat ini pihaknya tengah memetakan dugaan bekingan yang terjadi terkait maraknya kasus TPPO. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
05:05
03:27
01:36
06:06
01:05
Viral