Ini arti kata cawe-cawe yang dilontarkan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • BPMI Setpres

Harga Mati! Jokowi Tegaskan Indonesia Tidak Dapat Didikte oleh Negara Lain

Kamis, 1 Juni 2023 - 12:42 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo menegaskan sebagai negara besar, Indonesia tidak dapat didikte oleh negara lain. Bahkan, posisi Indonesia harus duduk sejajar dengan negara lainnya.

"Inilah Indonesia. Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapa pun, yang tidak dapat didikte negara mana pun, namun selalu siap berkontribusi bagi dunia," kata Presiden Jokowi.

Bahkan, lanjutnya, sebagai negara besar, Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain," kata dia, di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Sebagai negara besar dan terbuka, Indonesia sangat mampu memimpin dan bekerja sama dengan negara-negara lain, terutama dalam menjebatani setiap perbedaan di dunia.

 

"Kita siap bekerja sama, siap memimpin, kita ingin berkolaborasi dengan negara mana pun dan menjadi titik temu serta jembatan dari perbedaan-perbedaan yang ada di dunia," jelasnya.

Presiden Jokowi menegaskan, jika penyelenggarakan G20 menjadi bukti bahwa Indonesia diakui dan diterima oleh negara lain. Menurutnya, karena sebagai ideologi, Pancasila sangat sesuai sebagai dasar bernegara.

"Presidensi G20 telah sukses dilaksanakan, Keketuaan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral