Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL).
Sumber :
  • Istimewa

Mentan SYL Pastikan Benih Unggul Jadikan Pertanian  Kita Kuat

Kamis, 1 Juni 2023 - 14:04 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan, perkembangan varietas-varitas tanaman unggul terus dilakukan dari waktu ke waktu. Hasilnya, kata SYL, Indonesia mampu menjadi salah satu negara pertanian kuat di dunia yang memiliki ketahanan pangan berkualitas dan berkelanjutan.

Menurut SYL, faktor pendorong dari keberhasilan ini adalah hadirnya teknologi dan sistem pertanian mumpuni, serta kemampuan  SDM pertanian unggul di seluruh Indonesia.

"Teknologi yang berkembang saat ini telah membuat Indonesia memiliki varietas unggul dan mampu beradaptasi dengan tantangan yang ada. Saya mendapatkan banyak masukan dari apa yang kita lihat hari ini sebagai salah satu tantangan besar, terutama dalam menghadapi kekeringan. Oleh karena itu varietas-varietas  tanaman pangan kita sudah menunjukkan kemajuan yang luar biasa karena hasilnya, misal padi bisa rata rata di atas 10 ton bahkan ada yang 14 ton per ha," ujar SYL saat menghadiri Gebyar Perbenihan Nasional VIII 2023 di Kulon Progo, Rabu, 31 Mei 2023.

                                         Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Mentan mengaku bangga dengan perkembangan perbenihan saat ini, dimana beberapa varietas  mampu bertahan di musim ekstrim. Termasuk dalam cuaca ekstrim el nino atau musim kemarau panjang yang terjadi sekarang.

"Saya kira ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan hadirnya varietas tahan perubahan iklim. Termasuk iklim  kering yang terjadi saat ini yang diperkirakan berlangsung hingga bulan Agustus mendatang," katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:08
01:52
01:57
01:49
02:07
01:58
Viral