Ketua Umum PSSI Erick Thohir jadi pemuncak pada sejumlah survei calon wakil presiden piluhan responden..
Sumber :
  • Sumber: Tim Tvone

Erick Thohir Jadi Pemuncak Bakal Cawapres di Sejumlah Survei, Ini Kata Pengamat

Senin, 5 Juni 2023 - 09:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Ketua Umum PSSI Erick Thohir jadi pemuncak pada sejumlah survei calon wakil presiden pilihan responden. Pemilih menilai Erick Thohir, disusul dengan Ridwan Kamil, paling pantas sebagai calon wakil presiden. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya menyampaikan, dalam simulasi 22 nama, Erick berada di posisi paling atas bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan suara 14,8 persen. Selanjutnya, disusul Menparkeraf Sandiaga Uno yang dapat 12,0 persen dan Menko Polhukam Mahfud MD 11,8 persen.

Lalu, pada simulasi 18 nama, Erick suara Erick semakin menguat dengan tingkat elektabilitasnya mencapai 15,5 persen. Eeick mengalahkan Ridwan Kamil dengan suara 15,4 persen dan di posisi ketiga Mahfud MD dengan 13,4 persen.

“Erick Thohir, termasuk Ridwan Kamil, dianggap paling pantas sebagai calon wakil presiden,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menyebut tingkat elektabilitas Erick belakangan meningkat lantaran kinerjanya sebagai Ketua Umum PSSI dan Menteri BUMN. Dalam hasil surveinya, Erick, dianggap berhasil membawa perubahan di internal federasi, termasuk membawa keberhasilan merebut medali emas sepak bola di gelaran SEA Games setelah puasa gelar selama 32 tahun.

“Efek bola ini cukup menjelaskan mengapa elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres meningkat tajam,” jelas Burhanuddin.

Survei Indikator turut memotret evaluasi publik atas kinerja Erick Thohir di PSSI. Hasilnya, dari 32,2 persen yang mengetahui posisi Erick Thohir sebagai Ketum PSSI, sebanyak 77 persen menyatakan puas dengan kinerjanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral