Anggota Komisi VIII DPR RI Nanang Samodra saat memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI dalam agenda pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Lombok..
Sumber :
  • dpr.go.id

Temuan Calon Jemaah Haji Gagal Berangkat, Nanang Samodra: Akan Kita Evaluasi

Kamis, 8 Juni 2023 - 11:46 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Komisi VIII DPR RI Nanang Samodra mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah calon jemaah haji yang gagal berangkat ke tanah suci tahun ini. Pasalnya, terdapat 292 calon jemaah yang dinyatakan mundur karena gagal melunasi ongkos naik haji (ONH). Hal ini sangat disayangkan, mengingat antri haji yang panjang dan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

"Di lapangan masih ditemui masyarakat yang seharusnya berangkat, tetapi tidak jadi berangkat karena tidak punya uang untuk biaya perjalanan haji. Itu juga kita jadikan evaluasi, mengapa bisa terjadi seperti itu karena antrinya saja sudah panjang sampai puluhan tahun. Apakah itu karena biayanya yang mahal, atau kenaikan (biaya  haji) yang tiba-tiba," ujarnya di Asrama Haji Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (7/6/2023).

Pada kesempatan yang sama, Nanang juga menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan fasilitas di Embarkasi Lombok yang sudah memperhatikan kebutuhan lansia seperti penyediaan jalur kursi roda pada tangga.

"Alhamdulillah, asrama haji di Mataram ini sudah termasuk yang bagus karena baru mungkin di sini, sehingga kelihatannya juga memang bersih. tadi saya juga lihat, saya intip, tangganya gimana, ramah nggak sama lansia untuk kursi roda. Ternyata sudah ada walaupun masih kecil, tetapi sudah mulai ada, sudah mulai peduli terhadap lansia," tuturnya.

Kehadiran Anggota Komisi VIII DPR RI Nanang Samodra dalam acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja spesifik dalam agenda pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Lombok. Hadir pula dalam acara tersebut Gubernur dam Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Wali Kota Mataram, Kakanwil Kemenag NTB, dan Kepala UPT Asrama Haji Lombok serta para calon jemaah haji.(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral