Deputi Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kemenkopolhukam, Arif Mustofa (ketiga dari kiri), saat memberikan keterangan kepada pekerja media di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Kamis (15/6)..
Sumber :
  • Antara

Peluncuran SATRIA-1 Sesuai Jadwal, Persiapan Sudah 95 Persen

Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:55 WIB

tvOnenews.com - Peluncuran SATRIA-1 tinggal menunggu waktu. Semua persiapan teknis sudah mencapai 95 persen, satelit itu akan diluncurkan dari Cape Canaveral Space Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat pada hari Minggu (18/6) waktu setempat, atau Senin (19/6) WIB.

Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, serta PT Satria Nusantara Tiga, terus melakukan pemantauan tahap persiapan proses peluncuran agar berjalan lancar.

"Banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan seperti cuaca. Untuk kendala saat ini belum ada, kita akan ikuti timeline sesuai jadwal yang sudah disusun," ujar Deputi Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kemenkopolhukam Arif Mustofa di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Kamis (15/6) waktu setempat, berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Deputi Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kemenkopolhukam, Arif Mustofa, Pemerintah mengharapkan agar peluncuran SATRIA-1 berhasil dan bisa mendukung akselerasi transformasi digital nasional.

"Untuk pemenuhan atas kebutuhan masyarakat akan akses internet cepat. Seperti disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD selaku Plt Menkominfo, kami mohon doa atas kesuksesan, kelancaran dari proses peluncuran SATRIA-1 sampai ke orbit," pintanya.

Sementara itu, Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga, Heru Dwikartono, menyatakan peluncuran SATRIA-1 akan berlangsung pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18:00 waktu setempat sesuai dengan jadwal terakhir.

"Per kemarin Rabu (14/6), satelit sudah ditempatkan dalam kapsul dan kemudian dibawa ke launchpad dari fasilitas Space X. Sejauh ini dalam perhitungan teknis sudah sampai 95 persen," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral