Siswa SMPN 3 Pati, menunjukkan alat ventilasi udara bagi penderita Covid-19 (8/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Keren, Ventilasi Udara Bagi Penderita Covid-19 Karya Siswa SMPN 3 Pati Juara Internasional

Senin, 8 November 2021 - 12:24 WIB


Pati, Jawa Tengah - Siswa SMP Negeri 3 Pati, Jawa Tengh melakukan penelitian terkait penggunaan ventilasi udara untuk penderita Covid-19. Temuan ini ventilasi udara untuk penderita Covid-19 ini bisa membantu memberikan udara yang bersih bagi penderita Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di  rumah. 

Penelitian ventilasi udara bagi penderita covid-19 karya siswa SMPN 3 Pati ini berhasil menyabet medali emas pada ajang International Science and Invention Fair (ISIF) 2021 di Jakarta.

Guru pembimbing, Mohamad Rauf, mengatakan, ventilasi udara bagi penderita Covid-19 yang bertajuk Air-Closed Ventilation for Environmental Health a New Era of Covid-19 Disease.

Hasil temuan lima anak didiknya yang bernama Marina Diva Irsaniya, Lintang Artthalita
Miftania Altaf, Amanda Aninditya Trihapsari, Fernandito Akbar Kurniawan, dan Fiqy Trisa Insani ini sangat bermanfaat bagi penderita Covid-19.

"Penemuan dari 5 Siswa SMPN 3 Pati yang berhasil memperoleh medali emas di ajang ISIF yang berlangsung pada 28 Oktober sampai 1 November lalu secara online ini sangat bermanfaat bagi penderita Covid-19, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini," ujar Mohamad Rauf, Senin (8/11/2021).

Untuk merebut medali emas dalam ajang bergengsi tersebut tak mudah. Pasalnya, lima siswa SMPN 3 Pati tersebut harus bersaing dengan 500 tim dari 36 negara yang mengikuti kompetisi pameran sains dan penemuan internasional, yang diselenggarakan oleh Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia atau Indonesian Young Scientist Association (IYSA), bekerja sama dengan
beberapa universitas terkemuka indonesia seperti Universitas Diponegoro, Institut Tehnologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, dan sejumlah Universitas di luar negeri, seperti Malaysia, Turki, Brazil, Macau dan lainnya.

Ketua Project Sains, Fiqy Trisa Insani, menjelaskan, jika alat tersebut diyakini mampu  membantu penderita Covid-19 ketika sedang isolasi mandiri di rumah. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip ventilasi udara buatan dalam proses pergantian udara di dalam ruangan tertutup yang menggunakan bantuan peralatan mekanik dilengkapi cairan disinfektan alami dari daun sirih dan minyak kayu putih.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
Viral