Kemiskinan jadi penyebab maraknya korban TPPO, pemerintah lakukan ini untuk berantas praktik perdagangan orang.
Sumber :
  • Rika Pangesti-tvOne

Kemiskinan Jadi Penyebab Maraknya Korban TPPO, Pemerintah Lakukan Ini untuk Berantas Praktik Perdagangan Orang

Rabu, 5 Juli 2023 - 10:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kemiskinan jadi penyebab maraknya korban TPPO, pemerintah lakukan ini untuk berantas praktik perdagangan orang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan pemerintah serius dalam mencegah dan menindak tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang kini tengah menjadi isu hangat di masyarakat.

Muhadjir menjelaskan upaya sosialisasi, edukasi dan rehabilitasi akan terus ditingkatkan untuk mencegah tindak pidana tersebut terus terjadi.

Menurut dia, masalah kemiskinan menjadi salah satu penyebab tinggi terjadinya korban TPPO.

Oleh sebab itu, kata Muhadjir, pihaknya akan meningkatkan upaya program pelindungan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa) dan Program Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Selain program perlindungan sosial yang akan terus ditingkatkan, Kemenko PMK juga turut serta dalam mendorong adanya program pemberdayaan ekonomi bagi PMI purna dan keluarga yang saat ini tengah dilakukan pilot project di Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Ponorogo yang merupakan dua daerah dengan kantong PMI terbanyak," kata Muhadjir, Selasa (5/7/2023).

Diketahui, perubahan gugus tugas Ketua Pelaksana (GT-TPPO) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) ke pihak kepolisian dilakukan, yakni agar meningkatkan efektivitas pencegahan TPPO yang terus terjadi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral