Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pemilik rekening diduga Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto, tengah menjalani pemeriksaan di Propam Polri.
Sumber :
  • Antara

Dugaan Transaksi Gendut Rp 300 Miliar Kapolres Kotabaru, Kapolri: Dalam Pemeriksaan Propam

Rabu, 5 Juli 2023 - 18:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Kasus transaksi mencurigakan eks penyidik KPK hingga Rp 300 miliar yang diungkap  Novel Baswedan ternyata saat ini tengah disidik Polri. Menurut Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pemilik rekening diduga Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto,  tengah menjalani pemeriksaan di Propam Polri. "Ya, Propam sedang melaksanakan pemeriksaan. Memang dalam pemeriksaan," ujar Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan di RS Bhayangkara TK II Mas Kadiran, Kota Medan, Rabu (5/7).

Kapolri memastikan AKBP Tri akan diproses apabila ditemukan pelanggaran dalam bisnis pribadinya itu."Kemudian nanti kalau memang ditemukan ada pelanggaran nanti kita proses," tegas Sigit.

Isu transaksi Rp 300 miliar tersebut pertama kali diungkap eks penyidik KPK, Novel Baswedan, di kanal YouTube pribadinya. Novel mengatakan, transaksi yang termuat dalam laporan PPATK itu diduga melibatkan seorang pegawai di bidang penindakan.


"Laporan PPATK itu terhadap seorang pegawai KPK di penindakan dan itu nilai transaksinya Rp 300 miliar, dan saya duga lebih, ada yang katakan hampir Rp 1 triliun, bahkan," kata Novel di kanal YouTube-nya, dikutip Senin (3/7).

Sebelunya, Tri sudah membantah soal transaksi janggal tersebut. Menurutnya yang disebut 'transaksi Rp 300 miliar' itu ialah perhitungan akumulasi transaksi yang dilakukan PPATK dari 2004 hingga 2018. Bagi dia, penggunaan diksi 'transaksi' itu seolah-olah menggiring persepsi publik bahwa dirinya memiliki Rp 300 miliar.

Padahal, lanjut dia, itu merupakan akumulasi uang masuk dan keluar di rekening yang digunakan untuk bisnis. Dan penghitungan keluar-masuk uang itu diambil dari waktu yang cukup lama, sekitar 14 tahun, dari jangka waktu 2004-2018.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral