Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latief, di Daker Madinah, Selasa (11/7/2023) malam waktu setempat..
Sumber :
  • ANTARA/Nur Istibsaroh

Tiga Jamaah Haji Hilang, Kemenag Minta Petugas Siaga Agar Tak Terjadi di Madinah

Rabu, 12 Juli 2023 - 06:05 WIB

Madinah, tvOnenews.com - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latief meminta seluruh petugas bersiaga agar kejadian jamaah haji hilang dan tersesat yang terjadi di Mekkah tidak terulang lagi.

"Banyak jamaah yang bergeser dari Mekkah ke Madinah dan jumlahnya juga sekarang mencapai 100 ribuan, artinya akan padat lagi di Madinah," kata Hilman seusai rapat koordinasi yang berlangsung di Kantor Daerah Kerja Madinah, Selasa (11/7} malam waktu setempat..

"Jamaah akan menghadapi situasi yang padat lagi, setelah tenang di Mekkah pascapuncak haji, umroh sunah, dan pascatawaf wadah, jamaah masuk Madinah menghadapi situasi padat," tambahnya.

Niron Sunar Suna (77), jamaah haji asal Probolinggo yang sempat hilang sekitar 13 hari, akhirnya ditemukan meninggal dunia di RS Annur Mina Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Hilman seusai menggelar rapat koordinasi dengan para kepala sektor, kepala seksi, dan petugas terkait mengenai persiapan menghadapi puncak kedatangan jamaah gelombang dua di Madinah, kepulangan jamaah ke Tanah Air, kesiapan tim, kesiapan hotel, transportasi, keterlambatan dan perubahan jadwal pesawat, serta meminimalkan perubahan yang mungkin terjadi.

"Saya minta petugas mawas diri, berjaga-jaga dan mempersiapkan skema agar fenomena tersesat dan hilang di jalan bisa diminimalisir," katanya.

Hilman juga meminta seluruh tim linjam (perlindungan jamaah), Kasatop, dan para petugas agar bisa membuat skenario preventif jangan sampai kejadian orang tersesat dan hilang yang terjadi di Mekkah juga terjadi di Madinah, karena sama-sama padat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral