Petugas sedang melakukan pemadaman lahan gambut di Suak Raya, Kabupaten Aceh Barat..
Sumber :
  • Tim tvOne/Chaidir Azhar

Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Terus Meluas, Diduga Ada Unsur Kesengajaan

Sabtu, 29 Juli 2023 - 17:34 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.comKebakaran lahan gambut di Desa Suak Raya terus meluas, dan semakin sulit untuk dipadamkan, hingga kini lahan gambut yang terbakar seluas 14 hektare lebih.

Kepala Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Abdullah, mengatakan kalau belasan hektare lahan gambut yang terbakar di wilayahnya sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Lahan ini sengaja dibakar, kita tidak tahu apa tujuan dari pelaku, kita harap polisi bisa mengusut siapa pelakunya," kata Abdullah, Sabtu (29/7/2023).

Menurut Abdullah, api kebakaran lahan ini juga mulai mendekati pemukiman warga dan semakin sulit untuk dipadamkan, selain area yang terus meluas dan akses yang sulit. "Ini api makin dekat pemukiman warga, jarak api dengan pemukiman kini hanya berjarak 800 meter," sebutnya.

Lanjut Abdullah, akibat kebakaran tersebut telah berdampak pada warga dan para pengguna jalan yang melintas, mata kami sudah perih karena kabut asap dari kebakaran lahan tersebut.

Kepala Desa Suak Raya juga sangat berharap petugas dapat segera memadamkam api dan segera mengusut pelaku pembakaran lahan tersebut. "Kami berharap petugas kepolisian dapat segera mengusut pelaku pembakaran lahan, sehingga menjadi efek jera bagi para pelaku," tegasnya. (kha/wna)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral