Bakal calon presiden Anies Baswedan punya wacana skema pembangunan jalan tol yang disebutnya lebih adil..
Sumber :
  • Pemprov DKI Jakarta

Anies Wacanakan Warga Jadi Investor Pembangunan Jalan Tol

Senin, 31 Juli 2023 - 05:02 WIB

Jakarta, tvOnenenws.com- Bakal calon presiden Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan punya wacana skema pembangunan jalan tol yang disebutnya lebih adil. Usulnya yaitu tanah warga yang terkena proyek jalan tol tidak dibeli, tapi dijadikan penyertaan modal proyek tersebut. Sehingga warga bisa turur menjadi investor bagi pembangunan infrastruktur di wilayahnya. 

"Boleh nggak sih kabupaten-kabupaten, kecamatan, desa yang kelewatan jalan tol itu ikut punya penyertaan modal di situ? Kalau tanahnya tidak diakuisisi tapi tanahnya dimasukkan sebagai pernyataan modal," ujar Anies dalam video yang diunggah di channel YouTube Karin Ilyas Club, dikutip Minggu (30/7/2023).

Anies menyebut wacananya ini bisa diterapkan jika ia nanti terpilih menjadi Presiden dalam Pemilu 2024. 

Yang paling penting, ujar Anies,  dengan menjadikan lahan sebagai penyertaan modal, maka warga yang memilikinya akan secara rutin menerima pemasukan dari keuntungan operasional jalan tol. Cara ini disebutnya akan membuat masyarakat diperlakukan lebih adil dan turut memiliki infrastruktur tersebut.

"Ketika jalan tol ini menghasilkan keuntungan, maka keuntungan dari jalan tol itu bukan hanya datang ke Jakarta bagi para investor atau internasional yang invest, tapi juga rakyat sepanjang jalan tol yang ratusan kilometer itu mereka semua bisa mendapatkan faedahnya," ucapnya.

Bahkan, dengan pembagian keuntungan secara rutin ini juga bisa membantu warga yang tinggal di sekitar jalan tol membangun desa atau kabupaten mereka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral