Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) se-Kalimantan Timur Tahun 2023..
Sumber :
  • Istimewa

Realisasi P3DN Kaltim Peringkat 2 Nasional

Jumat, 4 Agustus 2023 - 09:37 WIB

tvOnenews.com - Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) se-Kalimantan Timur Tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Berau, Kamis (3/8/3023).

Gubernur Isran Noor mengapresiasi kinerja jajaran Pemprov Kaltim atas capaian realisasi P3DN yang menempati peringkat kedua nasional dengan realisasi sebesar Rp3,117 triliun, dibawah DKI Jakarta (Rp6,855 triliun).

“Atas nama pemerintah provinsi, masyarakat Kaltim dan gubernur seluruh Indonesia saya mengucapkan terima kasih atas persatuan dan ketaatan kita semua dalam melaksanakan amanat negara, khususnya dalam realisasi P3DN di daerah. Kita harus bangga dan buatan produk dalam negeri,” ucap Gubernur Isran Noor.

Menurut Gubernur Isran, P3DN penilaiannya sebenarnya belum pas. Karena Kaltim saat ini di posisi kedua. Sedangkan kalau dilihat kontribusinya lebih dari itu. Karena produk dalam negeri yang mensuplai energi dalam bentuk batu bara, dan itu dihasilkan oleh Kaltim.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ini menegaskan Kaltim memiliki jasa yang besar bagi bangsa dan negara terutama dalam memperoleh dan kontribusi pendapatan negara.

Gubernur Isran Noor menyebut mulai dari bangsa Indonesia merdeka, Kaltim penyumbang devisa terbesar dari sektor minyak. Kedua, Kaltim sebagai penghasil kayu terbaik. Kemudian, sejak tahun 1990 Kaltim penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Tahun 2022 Kaltim kembali berkontribusi dalam sektor ekspor sebesar USD32 miliar. 

Dalam hal menopang cadangan devisa negara itu hanya dua daerah, yaitu Kaltim dan Jawa Barat. Tapi jika dibandingkan kedua daerah itu, Kaltim dengan penduduk 3,7 juta sedangkan Jawa Barat 37 juta jiwa, maka produktivitasnya jauh lebih tinggi Kaltim.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral