Djarot Saifu Hidayat.
Sumber :
  • tim tvonenews/Julio

Mahasiswa Mengatasnamakan HMI Bakar Bendera PDIP, Menuai Reaksi Keras Djarot

Minggu, 6 Agustus 2023 - 08:13 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Massa mahasiswa yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) melakukan pembakaran bendera PDI Perjuangan tepat di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Bendera PDIP dibakar sebagai bentuk protes terhadap partai dengan lambang moncong putih yang melaporkan pengamat politik Rocky Gerung ke polisi.

Merespon hal ini, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan pihaknya siap melaporkan oknum aktivis pembakar bendera itu.

"Kejadian pembakaran bendera PDIP sangat disayangkan. Menjelang Pemilu 2024 maka semua pihak harus menahan diri dari perbuatan yang memancing emosi massa. Sebab pembakaran bendera bisa menimbulkan kemarahan di akar rumput," kata Djarot usai acara pelatihan juru kampanye (Jurkam) muda partai di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Bendera partai bagi seluruh partai politik yang ada di Indonesia merupakan simbol yang harus dihormati. Oleh karena itu, PDI Perjuangan akan mengambil langkah hukum dengan melaporkan pelaku pembakaran bendera partai ke kepolisian.

Dia mengatakan semua pihak harus mengedepankan etika dalam berpendapat dan berekspresi.

"PDIP memiliki militansi yang tinggi termasuk dalam mengibarkan jutaan bendera di seluruh Tanah Air, dan menjaganya dari tindakan yang tidak pantas," katanya.

Pembakaran bendera itu dilakukan sekelompok aktivis yang melakukan unjuk rasa membela Rocky Gerung, yang diduga menghina Presiden Jokowi. Dalam aksinya, mereka membakar bendera PDIP saat aksi unjuk rasa di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral