Ratusan perahu nelayan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tidak melaut.
Sumber :
  • tim tvOne - Chaeron Syah

Cuaca Buruk Ratusan Nelayan Cianjur Tidak Melaut

Rabu, 17 November 2021 - 14:42 WIB

Cianjur - Jawa Barat, Ratusan nelayan di Pantai Jati, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terpaksa harus mengurangi aktivitasnya melaut karena tingginya curah hujan, gelombang tinggi dan cucaca buruk. Bahkan hasil penangkapan ikan pun mengalami penurunan dari biasanya, hingga mengalami penurunan mencapai 70 persen.

Nelayan tidak bisa melaut setiap hari, karena cuaca buruk dan tingginya gelombang. Mereka paling tidak hanya 4 kali dalam sebulan mencari ikan disesuaikan dengan cuaca dan gelombang di laut .

" Ada sekitar 700 nelayan disini, biasanya setiap hari kita melaut. Sekarang cuma seminggu sekali. Kalau gelombang lagi bagus kita melaut,  saat hujan turun terus badai ditengah laut kita kurangi dulu melautnya," ujar Imin (65) kepada tvOne.news.com.

Hasil penangkapan nelayan pada saat cuca buruk perharinya hanya mencapai 15 sampai 20 kilo saja, ini jauh dari biasanya yang bisa mencapai 70 sampai 80 kilo perharinya. Untuk menutupi kebutuhan hidup sehari hari, nelayan mencari pekerjaan sampingan seperti menjadi buruh harian dan kuli bangunan.

Sementara itu, Plt Kepala UPTD PPI Jayanti Eli Muslihat menyampaikan bahwa cuaca cukup bagus, namun harus berhati hati karena hujan datangnya tiba tiba.

"Kalau dari informasi BMKG cuaca bagus tapi kami juga menghimbau agar nelayan berhati-hati karena musim hujan bisa terjadi tiba-tiba saja," ujarnya.

(Chaeronsyah/Win)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral