Ilustrasi - Gelombang tinggi.
Sumber :
  • Antara Foto

BMKG Imbau Masyarakat Tak Banyak Aktivitas di Laut Hingga 15 Agustus, Ini Penyebabnya

Minggu, 13 Agustus 2023 - 21:47 WIB

Manado, tvOnenews.com - Gelombang tinggi berpotensi terjadi disejumlah perairan di  Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat tak banyak melakukan aktivitas di laut hingga 15 Agustus 2023.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, kami berharap warga berhati-hati ketika melakukan aktivitas di laut," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Minggu.

Tinggi gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter tersebut diperkirakan terjadi di wilayah perairan timur Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan Bitung – Likupang dan Laut Maluku bagian utara.

"Warga bisa mendapatkan informasi-informasi melalui kanal-kanal yang disediakan oleh BMKG," ujarnya.

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal ferry, kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan untuk kapal kategori besar, harap memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Ricky berharap warga juga memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, misalkan untuk perahu nelayan berhati-hati bila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. (ant/mii)


 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral