Ilustrasi. Mahar Politik.
Sumber :
  • istimewa

Mahar Caleg DPR Mencapai Rp40 Miliar, Waketum MUI: Hanya Orang Kaya Bisa Jadi Caleg

Senin, 14 Agustus 2023 - 12:29 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar baru-baru ini menyampaikan bahwa biaya untuk menjadi anggota Dewan masih cukup besar, bahkan sampai Rp40 miliar untuk maju jadi caleg dari DKI Jakarta.

Mengomentari hal itu, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas geleng-geleng kepala.

"Hal ini tentu saja membuat kita geleng-geleng kepala. Bahkan kata yang bersangkutan jika sang calon hanya memiliki modal Rp20 miliar hingga Rp25 miliar maka besar kemungkinan mereka tidak akan pernah bisa melaju ke Senayan," kata Anwar Abbas kepada wartawan, Senin (14/8/2023).

Menurut Anwar Abbas, iklim politik di Tanah Air memang sudah rusak. Oleh sebab itu, Anwar Abbas menyebut hanya orang kaya yang mampu duduk di kursi dewan yang terhormat.

"Jadi dengan demikian dapat disimpulkan hanya orang kaya atau orang yang dibiayai oleh orang kaya sajalah yang bisa berkuasa dan bisa menang dalam Pemilu," jelas Anwar Abbas.

Anwar Abbas menyebut fenomena ini akan justru akan membuat para anggota DPR hanya akan berpikir untuk mengembalikan modal pencalonan dan bukan mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Jika dalam pemilu yang akan datang hal serupa masih saja terus terjadi maka tentu tipis sekali lah harapan nasib rakyat banyak terutama nasib mereka- mereka yang ada di lapis bawah akan bisa berubah," ujar dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral