Situasi lalu lintas ramai lancar pada hari pertama penerapan WFH bagi ASN di lingkungan Pemprov DKI, Senin (21/8/2023)..
Sumber :
  • ANTARA

Perang Terhadap Polusi Udara, Ini Instruksi Mendagri Bagi Swasta di Jabodetabek

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:40 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara di wilayah Jabodetabek

Dalam Inmendagri juga menyebutkan agar jajaran Pemda mendorong pihak swasta dan dunia usaha untuk melakukan sistem kerja hibrid working, yakni perpaduan antara penerapan Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO). 

"Pemda di wilayah Jabodetabek agar mendorong karyawan swasta dan dunia usaha untuk melakukan WFH dan WFO sesuai kebijakan instansi/pelaku usaha terkait,” kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA dalam keterangan persnya, Rabu (23/8/2023).

Penerbitan Inmendagri tersebut menjadi tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada jajarannya untuk menyelesaikan masalah kualitas udara wilayah Jabodetabek yang memburuk.

Kebijakan WFH-WFO diharapkan dapat mengurangi mobilitas yang menyebabkan polusi udara, mengingat sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau motor dalam beraktivitas seperti ke kantor.

Safrizal mengingatkan agar upaya pembatasan kendaraan bermotor diberlakukan dengan mengoptimalkan penggunaan moda transportasi massal atau transportasi umum, penggunaan kendaraan yang tidak beremisi atau kendaraan listrik. 

Hal tersebut disampaikan berdasarkan data yang ada, salah satu faktor penyebab polusi udara di Jabodetabek disumbang oleh sektor transportasi dan industri.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
Viral