Latihan Kendaraan Tempur M3 Amphibious Pontoon 3.
Sumber :
  • Handi Firmansyah

Yonzipur 10 Gelar Latihan Kendaraan Tempur M3 Amphibious Pontoon Di Anak Sungai Brantas

Minggu, 21 November 2021 - 01:47 WIB

Mojokerto, Jawa Timur - Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10 Divif 2 Kostrad latihan kendaraan tempur M3 Amphibious Pontoon di Sungai Ngotok, atau anak Sungai Brantas di Lingkungan Balong Cangkring, Kelurahan Cakarayam, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Kendaraan tempur asal Ceko tersebut dipergunakan sebagai salah satu alat penyebrangan tempur dalam peperangan.

Kepala Staf Divisi Infanteri2 Kostrad Brigjen TNI Tjaturputra G Genah mengatakan M3 Amphibious Pontoon merupakan kendaraan ampfibi yang bisa bergerak di darat maupun air sehingga bisa digunakan untuk melakukan hal-hal khusus dalam perang. Dengan dilengkapi dua sisi ponton, jika digelar bisa digunakan untuk jembatan maupun veri penyebrangan kendaraan perang dengan bobot berat.

"Sebanyak 8 unit kendaraan Amphibious Ponton yang digunakan dalam latihan ini. Jika dirangkaikan bisa menjadi jembatan sepanjang 100 meter lebih" terang Tjaturputra, saat ditemui usai apel jam pimpinan di Sungai Ngotok Sabtu (20/11/2021).

Saat ini, TNI Angkatan Darat (AD) memiliki alustsista yang memiliki bobot berat, seperti Tank Leopard yang memiliki bobot hingga 60 ton. Kondisi geografis wilayah Indonesa yang beraneka ragam dan memiliki banyak sungai, sehingga TNI AD memerlukan kendaraan tempur yang mampu membawa alutsisa dengan bobot berat.

"Kondisi geografis Indonesia, dibutuhkan kendaraan yang mampu bermanuver di darat maupun di sungai untuk melakukan pengangkutan alutsista berat saat operasi" ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral