Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.
Sumber :
  • ANTARA

Eks Napi Korupsi Daftar Caleg, Firli: Tidak Ada Aturan Tertulis Yang Melarang

Kamis, 31 Agustus 2023 - 13:07 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengakui tidak ada aturan tertulis yang melarang mantan terpidana korupsi untuk dicalonkan atau mencalonkan diri pada Pemilihan Umum, baik sebagai caleg DPRD, DPR maupun DPD.

Namun demikian ia berpesan agar pemilih dapat selektif untuk memilih para calon yang memiliki integritas.

"Di sinilah menjadi penting kemudian bagi masyarakat, tidak hanya bertindak sebagai pemilih saja, namun juga turut mengawasi pelaksanaan pemilu. Termasuk secara cermat memilih para calon bupati, walikota, DPR/DPRD/DPD, bahkan presiden/wakil presiden yang berintegritas," kata Firli lewat keterangannya, dikutip Kamis (31/8/2023).

Firli menjelaskan, penindakan terhadap pelaku korupsi, tidak hanya berupa hukuman penjara, namun ada pidana tambahan, yakni pembayaran uang pengganti, dan pencabutan hak politik.

"Yang bertujuan untuk membatasi partisipasi pelaku dalam proses politik, seperti hak memilih atau dipilih, sebagai konsekuensi dari tindak pidana yang dilakukan," kata Firli.

Selain itu, merujuk pada Undang-Undang Pemilu, salah satu syarat calon Anggota DPR, DPD dan DPRD, tidak pernah dihukum penjara, berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan tetap dengan ancaman pidana 5 tahun atau lebih.

Sayangnya, terhadap ketentuan itu sudah ada beberapa putusan pengujian atau judicial review Undang-Undang di MK, mantan terpidana bisa mencalonkan diri, namun dengan sejumlah syarat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:58
01:43
04:43
01:04
02:18
03:32
Viral