Warga Desa Ngampel, Kec. Kapas, Bojonegoro, Jatim Mengeluh Mual dan Pusing.
Sumber :
  • tim tvOne/Dewi Rina

Belasan Warga di Bojonegoro Keracunan Gas yang Dikelola Pertamina

Senin, 22 November 2021 - 20:11 WIB

Bojonegoro, Jawa Timur - Belasan warga di desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Jawa Timur mengalami mual dan pusing, akibat mencium bau menyengat yang keluar dari pengeboran lapangan minyak dan gas di Field B Sukowati yang dikelola Pertamina EP Asset 4. Warga yang terdampak langsung berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Ernanik, salah satu warga yang ditemui oleh tvonenews.com di rumahnya, mengatakan baru diperiksa petugas untuk mengurangi rasa mual dan pusingnya.

“Ya lama dari pagi baru selesai sekarang ini baunya baru selesai, merasa pusing dan mual. Kemarin juga iya tidak ada yang ngontrol, hari ini ada yang ngontrol karena lama baunya,” ujar Nanik.

Warga yang mengalami mual dan pusing diperiksa dan diberikan obat secara gratis dari Pertamina EP Asset 4. 

Sementara pihak Pertamina menjelaskan, bau yang keluar akibat adanya gas yang terjebak dalam liquid atau gas pocket release saat kegiatan perawatan sumur berupa Well Intervention sumur SKW pada Senin (22/11/2021). Namun pihak Pertamina mengaku hal itu dapat diatasi dalam waktu kurang dari 1 menit.

“Ini bukan semburan tapi gas pocket release yang keluar dari sumur minyak karena adanya perubahan suhu dan tekanan ketika sumur tersebut dilakukan maintenance,” jelas Totok Parafianto Field Manager Pertamina EP Sukowati Field (FEP Sukowati Filed) kepada tim tvonenews.com, Senin.

Namun sesuai standar operasi dan keselamatan, PEP Sukowati Field tetap melakukan pemantauan gas H2S dan didapatkan nilai 0 (nol) Ppm, dan itu artinya udara dalam keadaan aman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral