Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas.
Sumber :
  • tim tvonenews

Ganjar Pranowo "Eksis" di Azan TV, MUI: Jika Buat Kegaduhan Sebaiknya Ditinggalkan

Minggu, 10 September 2023 - 11:34 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Bahasan soal eksisnya bakal calon presiden dari PDI perjuangan ganjar Pranowo di azan TV swasta mendapat perhatian dari Majelis Ulama Indonesia. Wakil Ketua MUI Anwar Abbas mengatakan wajah capres di tayangan azan akan menimbulkan pro kontra, apalagi saat ini Pemilu 2024 sudah dekat. 

Sehingga menurut Anwar Abbas, jika tayangan azan berpotensi menimbulkan kegaduhan, maka sebaiknya ditinggalkan.

"Ada satu qaidah yang sangat dikenal dan terkenal di kalangan ulama fiqih dan ushul fiqih yang sangat perlu kita ketahui, pertimbangkan dan camkan baik-baik yaitu sebuah prinsip yang berbunyi: Dar'ul mafasid muqoddam 'ala jalbil masholih. Artinya meninggalkan kemafsadatan harus didahulukan dari pada mengambil kemashlahatan," kata Anwar melalui keterangannya, Minggu (10/9/2023). 

"Oleh karena itu, jika menyiarkan hal tersebut akan lebih besar mudharat dari pada manfaatnya atau akan menimbulkan kegaduhan dan pro-kontra di tengah-tengah masyarakat maka tentu hal-hal semacam itu lebih baik ditinggalkan saja," lanjut dia.

Diketahui, dalam tayangan azan di salah satu televisi swasta itu awalnya dibuka dengan pemandangan alam Indonesia. Ganjar Pranowo kemudian muncul menyambut jemaah yang akan salat.

Dalam kesempatan itu, Ganjar memakai baju koko warna putih, peci hitam dan sarung batik. Dia lalu menyalami dan mempersilakan jemaah yang datang untuk masuk ke masjid.

Selain itu Ganjar muncul saat melakukan wudu sebelum salat. Dia juga duduk di saf depan sebagai makmum.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral