Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.
Sumber :
  • Antara

Usut Pemecatan Pegawai KPK, Komnas HAM Panggil Ketua BKN

Selasa, 22 Juni 2021 - 15:11 WIB

Jakarta - Komnas HAM menjadwalkan pemeriksaan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana serta Wakilnya Supranawa Yusuf, pada Selasa (22/6).

Pemanggilan keduanya terkait tindak lanjut atas aduan 75 Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan pelanggaran HAM dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pada proses alih status Pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Komnas HAM RI telah mendapatkan  konfirmasi bahwa Kepala BKN RI akan hadir langsung untuk memberi keterangan kepada Komnas HAM RI pada hari Selasa (22/6)." kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara kepada awak media Senin (21/6) sore.

Pemanggilan tersebut, tambahnya, diharapkan dapat melengkapi keterangan yang telah diberikan soal duduk permasalahan sehingga membuat terangnya peristiwa pemecatan 75 pegawai KPK.

Sebelumnya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemukan perbedaan keterangan antara Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Perbedaan itu ada yang soal substansial dan memengaruhi secara besar, kenapa kok ada hasil 75 dan hasil 1.200 sekian," kata anggota Komnas HAM Bidang  Pemantauan dan Penyelidikan Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Kamis (17/6).

Selain itu, Komnas HAM juga menemukan perbedaan keterangan yang mengarah pada hal-hal teknis. Namun, Anam tidak menjelaskan secara detail apa saja perbedaan tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral