Situasi terkini pasca kebakaran di Museum Nasional (Gajah), Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Muhammad Bagas

Pasca Kebakaran Museum Nasional Akan Ditutup Sementara, Kemendikbud: Tiket yang Sudah Dibeli akan Dikembalikan

Minggu, 17 September 2023 - 13:43 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Museum Nasional akan ditutup sementara pasca terjadinya kebakaran yang melanda Gedung A museum pada Sabtu, 16 September 2023 malam. 

Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar Museum Nasional kembali pulih sesegera mungkin. 

"Sebagai langkah pencegahan tambahan, MNI akan sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," kata Mahendra dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023). 

Kendati demikian, Mahendra akan mengembalikan sejumlah tiket yang sudah dibeli oleh masyarakat untuk memasuki area Museum. Ia menjelaskan bahwa ini merupakan situasi force majeur (keadaan kahar). 

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," ucap dia. 

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," sambungnya. 

Penutupan sementara juga dibenarkan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin. Ia membeberkan alasan museum ditutup sementara lantaran banyak benda-benda bersejarah yang sedang dilakukan pemeriksaan labfor

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral