Pahlawan Revolusi Jenderal Ahmad Yani dan catatan dalam buku agendanya..
Sumber :
  • YouTube - Amelia Yani

The Untold Story, Putri Jenderal Ahmad Yani Buka Catatan Harian Sang Ayah, Ungkap Sejumlah Fakta

Selasa, 19 September 2023 - 05:05 WIB

tvOnenews.com - Jenderal Ahmad Yani murka bukan kepalang, ketika prajurit Cakrabirawa dihadapannya itu tidak mengizinkannya untuk mandi atau sekedar mencuci muka, dan memaksanya segera berangkat menghadap presiden Sukarno , di pagi buta 1 Oktober 1965.

Prajurit yang berada dihadapannya, Praka Dokrin, langsung ditempeleng hingga sempoyongan dan jatuh tersungkur.

Namun sesaat setelah Jenderal Ahmad Yani menutup pintu dan meninggalkan para prajurit itu, Sersan Satu Raswad memberikan kode pada Sersan Dua Gijadi, lalu senapan jenis Thompson di tangan Gijadi pun menyalak. 

Sang Jenderal, Kepala Staf Angkatan Darat itu gugur ditembus 7 butir peluru oleh prajuritnya sendiri, dan yang memilukan, peristiwa itu terjadi di depan mata anak-anaknya.

Foto: Cuplikan film Penghianatan G30S PKI

"Jatuh pak Yani, dibalik sama mereka, bukan pakai tangan, pakai kaki. Kita yang liat disitu, gimana sih, gak bisa kita terima, diberondong, senjatanya thompson" cerita Untung Mufreni, putra ketujuh Jenderal Ahmad Yani, dalam kanal YouTube TNI Angkatan Darat .

Kejadian di pagi buta itu tidak terlupakan oleh anak-anak Jenderal Ahmad Yani. Mereka mengenang peristiwa kelam itu sebagai kisah pilu yang terus membekas hingga saat ini.

Putri ke tiga Jenderal Ahmad Yani, Amelia Yani, dikemudian hari membuka catatan harian ayahnya, menyampaikan sejumlah kisah yang belum terungkap, tentang pergulatan batin ayahnya, melawan berbagai fitnah dan tuduhan yang dialamatkan padanya dimasa itu. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral