Peneliti Vaksin Merah Putih tengah melakukan Uji sample di Laboratorium.
Sumber :
  • Tim tvOne/Sandi Irwanto

Vaksin Merah Putih, Menunggu Izin BPOM PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia Lakukan Piloting

Rabu, 24 November 2021 - 10:46 WIB

Surabaya, Jawa Timur – Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya,  terus mengoptimalkan vaksin meran putih. Saat ini rekanan Unair, yakni  PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, tengah memproduksi sebagian vaksin merah putih atau disebut piloting, sambil menunggu ijin uji klinik pada manusia dari Balai POM turun.

“Pihak kami  mempercayakan produksi vaksin merah putih ini  sepenuhnya kepada pihak PT Biotis agar sesuai dengan standar yang dibutuhkan,” ujar M Nasih.

Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Profesor Muhammad Nasih menambahkan, Piloting dilakukan sembari menunggu izin dari Balai POM turun, agar bisa menyuntikkan vaksin merah putih ke tubuh para relawan.

“Piloting ini merupakan produksi vaksin yang digunakan untuk uji klinis baik tahap 1, tahap 2 maupun  tahap 3.” Ungkap Prof M Nasih, Rektor Unair.

Uji klinis tahap pertama pada manusia ini  ditargetkan mulai awal bulan Desember 2021, tapi dimulainya proses uji klinik ini bergantung keluarnya izin dari Balai POM.

BPOM belum mengeluarkan izin, menunggu piloting yang memenuhi standar. Tidak cukup kemarin bibit kemudian kita aduk kemudian kita ciduki, tidak. Itu kan ukurannya harus benar, prosesnya, semua harus dikalibrasi, dinilai,” tuturnya.

M Nasih menambahkan, uji klinis akan dimulai kalau izin dari BPOM sudah turun,  pihak Unair merencanakan dapat dilakukan secara parallel, tapi tidak dimulai bersamaan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral