Muhammad Rudi, Walikota Batam sekaligus Kepala BP Batam..
Sumber :
  • Tangkapan layar

Investasi Rempang Eco City Dipaksakan Tetap Jalan Meski Warga Menolak, Wali Kota Batam: Kita Berharap Lancar-lancar Saja

Minggu, 24 September 2023 - 12:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Konflik agraria yang terjadi Pulau Rempang yang mengakibatkan bentrokan aparat dengan warga Rempang yang menolak relokasi beberapa waktu lalu hingga menjadi sorotan, Walikota Batam buka suara kisruh tersebut.

Konflik agraria di Pulau Rempang menjadi pemicu warga meradang, lahan seluas 7.572 hektar di Pulau ini menjadi target lahan proyek strategis nasional dan akan dibangun pabrik kaca milik perusahaan China Xinyi Group dalam kawasan Rempang Eco-Park. 

Kerjasama ini pun diperkirakan akan mampu menarik investasi hingga ratusan triliun rupiah. 


Dok. Saat aparat terlibat bentrokan dengan warga akibat konflik agraria Pulau Rempang. (source: Antara)

Namun di balik rencana tersebut pemerintah dan investor harus berhadapan dengan warga yang tinggal di 16 kampung adat Melayu. Mereka menolak keras pembangunan proyek tersebut. 

Aksi demo besar-besaran yang terjadi antara warga Pulau Rempang dengan aparat di kantor BP Batam. 

Warga Rempang melakukan unjuk rasa karena menolak rencana relokasi penduduk Pulau Rempang, Batam yang berjumlah kurang lebih 7.500 jiwa karena adanya proyek pembangunan Rempang Eco City

Menanggapi hal tersebut, Walikota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi berbicara soal konflik lahan yang terjadi di Pulau Rempang.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral