Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi ditetapkan sebagai Ketum PSI saat Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023)..
Sumber :
  • tvonenews/Muhammad Bagas

Kaesang Pangarep Dilantik Ketum PSI, Info Bocoran Pengamat Terbukti

Rabu, 27 September 2023 - 12:46 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Jokowi didapuk menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk periode 2023-2028.

Penunjukan ini berdasarkan keputusan yang diberikan oleh Dewan Pembina PSI, setelah dirinya bergabung di partai ini selama dua hari. Mandat tersebut diberikan dalam acara pertemuan nasional PSI, Kopi Darat Nasional (Kopdarnas), Senin (25/9/2023).

Sebelumnya, Minggu 24 September 2023, Pengamat Komunikasi Politik, Hendri Satrio membocorkan perihal Kaesang Pangarep bakal dilantik menjadi ketua umum PSI pada Senin 25 September.

Melalui akun medsosnya, Hensat usai membocorkan kabar tersebut juga mengucapkan selamat agar rencana Kaesang di ridhoi Allah SWT.

"Dan jangan lupa salam buat bapak ya, semoga rakyatnya semakin sejahtera."


Pengamat Komunikasi Politik, Hendri Satrio membocorkan perihal Kaesang Pangarep bakal dilantik menjadi ketua umum PSI

Hensat mengatakan dengan kekuatan baru tersebut, maka PSI berpotensi menembus ambang batas parlemen treshold.

"Jadi partai politik yang memiliki elektabilitas 4-5 persen harap waspada. Jangan hanya melihat Kaesang, namun hitung pengaruh Pak Jokowinya," ujar Hensat (27/9/2023).

Kaesang menggantikan Giring Ganesha, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum PSI sejak November 2021. Giring sekarang memasuki peran sebagai Dewan Pembina PSI.

Keputusan Kaesang untuk memimpin PSI menjadi sorotan karena ada konflik kebijakan internal PDI Perjuangan, yang menjadi tempat kakaknya Gibran Rakabuming dan ayahnya Presiden Jokowi menjadi kader.

PDIP memiliki aturan ketat yang melarang anggota keluarga bergabung dengan partai lain.

Di sisi lain, keputusan Kaesang juga dapat diartikan sebagai dukungan tersirat dari Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024, mengingat hubungan dekat PSI dengan Prabowo belakangan ini. (rpi/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral