Bacapres Ganjar Pranowo saat di UGM..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

CfDS UGM sebut Ganjar Pranowo Bacapres yang Paling Banyak Dimention dan Replay di Medos

Kamis, 28 September 2023 - 22:18 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) merilis hasil riset terkait tren Pemilu 2024 dari media sosial X. Salah satu hasilnya menunjukkan Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 yang paling banyak dimention dan direply pada medsos X tersebut.

Manajer Riset CfDS UGM Agung Tri Nugraha mengatakan hasil tersebut didapat dari social network analysis.

"Ganjar menjadi Bacapres yang paling banyak dimention dan direply. Sedangkan asosiasi terhadap post yang terkait Ganjar didominasi dengan kata kunci dan tagar ganjarcapres dan diposting oleh lima akun. Sedangkan post bersentimen negatif melibatkan lebih dari tujuh akun per post, berbeda dengan Prabowo," ujarnya.

Agung merinci, terdapat sekitar 1.262 mention dan reply kepada Ganjar Pranowo. Jumlah ini lebih banyak dibanding Bacapres lain seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Mention dan reply kepada Anies Baswedan berjumlah 1.199. Sedangkan untuk Prabowo Subianto berjumlah 692.

CfDS melakukan riset selama dua bulan sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2023. Proses pengambilan data diawali dengan membaca dan menangkap data (data extraction), lalu diproses dengan cleansing dan klasifikasi, kemudian visualisasi data dan analisis data.

Data tersebut mencakup berbagai macam cuitan, komentar, dan interaksi yang terkait dengan pemilihan presiden dan isu-isu politik terkini. Adapun kata kunci yang digunakan dalam pengambilan data meliputi Pemilu, Capres, dan Partai Politik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral