Kondisi Sekolah Dasar Negeri 099 di Mandailing Natal pasca-terbakar.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rumolo Siregar

Miris! Tiga Tahun Pasca-Terbakar SD Negeri 099 di Mandailing Natal Tak Kunjung Diperbaiki

Jumat, 26 November 2021 - 17:01 WIB

Mandailing Natal, Sumatera Utara – Sejak terbakar tahun 2019 lalu, sebuah Sekolah Dasar 099 di Mandailing Natal Sumatera Utara, hingga kini tak kunjung diperbaiki. Akibatnya lebih dari 190 siswa harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sejumlah tempat. Diantaranya, bagunan sekolah TK, Perpustakaan, Balai Desa dan Ruangan kelas sisa kebakaran.

Kepala sekolah SDN 099, Siti Juleha menyebutkan, pihaknya terpaksa menggunakan satu lokal bangunan yang sempat terbakar, meski sangat beresiko.

"Sebelum kami putuskan menggunakan bangunan tersebut, kami sudah tanya sama konsultan, menurutnya ruangan ini masih bisa digunakan dengan syarat dilakukan penguatan pada asbes. Kita paku asbesnya supaya tidak runtuh." Ungkap kepala sekolah.

Siti Juleha menambahkan, jika pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mendapat perhatian dari pemerintah baik pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara bahkan ke Kementerian Pendidikan. Sayangnya hingga saat ini, sekolah yang berjarak sekitar 3 Kilometer dari kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal tersebut tak kunjung diperbaiki.

"kalau permohonan, proposal sudah banyak, kemana mana kami bermohon, Pemda, DPRD, Gubernur, semuanya. Namun hasilnya belum ada, ya terpaksa kami mencari solusi walau jauh dari layak" Ungkapnya.

Sementara itu, pejabat pelaksana Kadis Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, Arbiuddin Harahap mengaku, jika anggaran perbaikan sudah diajukan ke DPRD Mandailing.

"Saat ini APBD Kabupaten Mandailing Natal memang sudah diajukan ke DPRD Mandailing Natal. Pada proses pembahasan akan dilakukan evaluasi agar anggaran untuk SD ini ditampung sebelum disahkan menjadi Perda APBD 2022." Jelas  Arbiuddin  (Rumolo Siregar/mii)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral