TPU Tegal Alur makin penuh.
Sumber :
  • Ong Suhirman

Angka Kematian Covid-19 Bertambah, TPU Tegal Alur Nyaris Penuh

Rabu, 23 Juni 2021 - 15:52 WIB

Jakarta - Kasus Covid-19 di Indonesia kian menanjak termasuk di DKI Jakarta. Melonjaknya angka positif Covid-19 di Ibu Kota mengakibatkan jumlah angka kematian ikut bertambah. Hal tersebut membuat ketersediaan lahan makam di ibu kota menjadi sedikit. Banyaknya angka kematian pasien Covid-19 di Jakarta membuat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur pun nyaris penuh.

Saat ini total kasus Covid-19 di tanah air mencapai dua juta kasus. Hal itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

Penambahan kasus di DKI Jakarta paling banyak dibandingkan provinsi lainnya. Terlebih dengan adanya varian delta yang membuat angka penyebaran melonjak secara drastis. Dalam sepekan terakhir DKI Jakarta juga mencatatkan rekor penambahan kasus kematian setiap harinya.

TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat kini sudah semakin padat. Setiap hari petugas terus menghitung sisa ketersediaan makam bagi pasien Covid-19. Lahan makam—baik itu di blok makam muslim maupun nonmuslim—sudah hampir tidak ada yang bersisa.

Di TPU Tegal Alur banyak jenazah Covid-19 telah dimakamkan dengan cara sistem tumpang. Sistem tumpang itu diberlakukan di petak lahan makam muslim.

Sistem tumpang ini boleh dilakukan asalkan masih satu keluarga dan jenazah yang ingin menggunakan sistem tumpang harus berjarak tiga tahun. Langkah ini juga merupakan solusi ketika lahan makam semakin sedikit.

Adapun sistem tumpang merupakan proses pemakaman dengan cara menumpuk jenazah di dalam satu liang lahat

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral