Pengamat politik kebijakan publik Universitas Indonesia (UI), Vishnu Juwono.
Sumber :
  • ANTARA

Jika Prabowo Berhalangan atau ke Luar Negeri, Sanggupkah Gibran 'acting' Presiden? Ini Inti Perdebatan Sengit Publik

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:20 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Nominasi Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (wapres) telah memicu diskusi sengit dalam diskursus politik Indonesia. Demikian disampaikan pengamat politik kebijakan publik Universitas Indonesia (UI), Vishnu Juwono.

"Saya menyoroti pentingnya nominasi ini dan tantangan yang dihadapi oleh Gibran dalam perjalanan pemilihan presiden dan wapres yang akan datang," kata dia, di kampus UI Depok, Senin (23/11/2023).

Ia menjelaskan bila kita membandingkan Gibran dengan wakil presiden sebelumnya seperti Sultan Hamengkubuwono IX, BJ Habibie, dan Jusuf Kalla, jelas terlihat bahwa tokoh-tokoh ini memiliki pengalaman luas dalam kancah politik nasional.

Bahkan internasional baik melalui peran mereka dalam Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau kebijakan publik tingkat nasional sebagai Menteri yang berpengaruh besar bagi publik.

"Rekam jejak kiprah politik nasional Gibran yang terbatas merupakan tantangan besar baginya untuk segera merumuskan dan mengartikulasikan visinya sebagai calon wakil presiden," ujar dia.

Perdebatan di Benak Publik

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral