Anwar Usman bantah cawe-cawe keputusan MK soal batas usia minimal capres-cawapres, saya memegang teguh amanah.
Sumber :
  • Muhammad Bagas-tvOne

Anwar Usman Bantah Cawe-cawe Keputusan MK Soal Batas Usia Minimal Capres-Cawapres: Saya Memegang Teguh Amanah

Senin, 23 Oktober 2023 - 15:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman membantah dia melakukan intervensi hingga cawe-cawe terkait keputusan batas usia minimal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku selama 30 tahun berkarir sebagai hakim dia selalu memegang teguh amanah.

"Saya perlu sampaikan bahwa saya menjadi hakim mulai 1985, itu sudah menjadi calon hakim sampai sekarang. Jadi sudah 30 sekian tahun. Ya alhamdulillah saya memegang teguh sumpah saya sebagai hakim," ujarnya saat konferensi pers di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2023).

"Memegang teguh amanah dalam konstitusi, Undang-Undang Dasar, amanah dalam agama saya yang ada dalam Al-Quran," sambung dia.

Kemudian, Anwar Usman pun menceritakan kisah tentang Usama bin Zayed yang diutus oleh Quraisy meminta Nabi Muhammad melakukan intervensi atau meminta perlakuan khusus lantaran ada tindak pidana yang dilakukan oleh salah seorang anak bangsawan Quraisy.

Cerita ini pun mengumpamakan kisah Gibran Rakabuming Raka selaku anak Presiden Jokowi dan keponakan Anwar Usman yang disebut-sebut ditolong oleh Anwar lewat keputusan batas usia minimal capres-cawapres agar Gibran dapat melangkah sebagai cawapres.

"Apa jawab Rasulullah SAW? Beliau tidak mengatakan menolak atau mengabulkan permohonan dari salah seorang yang diutus bangsawan Quraisy ini. Beliau mengatakan andaikan Fatimah anakku mencuri, aku sendiri yang akan memotong tangannya," jelas dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral