Pengabdian kepada masyarakat IPB University di Minggu (15/10/2023) di Kampung Bunisari, Goalpara, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat..
Sumber :
  • Dok. Ivan Permana Putra

Peneliti IPB University: Jamur Liar Edible Potensi Plasma Nutfah yang Terabaikan

Kamis, 26 Oktober 2023 - 12:17 WIB

Sukabumi, tvOnenews.com - Tim Peneliti IPB University berkolaborasi dengan Komunitas Pemburu Jamur Indonesia (KPJI) Sukabumi untuk mendata keragaman dan informasi lokal terkait penggunaan jamur yang ada di kawasan Goalpara Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan pengabdian skema pemberdayaan masyarakat yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat, dengan judul Pengenalan dan Pengembangan Produk dari Jamur Liar Edible di Sukabumi.

Peserta pengabdian tampak antusias dalam kegiatan yang berlangsung pada Minggu (15/10/2023) di Kampung Bunisari, Goalpara, Sukaraja, Sukabumi tersebut. 

Diikuti oleh sekitar 30 orang mitra yang terdiri dari warga setempat, anak-anak pramuka hingga polisi hutan (Polhut).

Ketua Tim Pengabdian Jamur Liar IPB University Ivan Permana Putra sebelumnya menjelaskan jamur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Karena, terdapat kandungan metabolit dan antibakteri, antioksidan, antihipertensi, dan lain sebagainya yang membuat bahan pangan ini menjadi pilihan yang cocok untuk dikonsumsi secara berkala. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral