Kolase Presiden Joko Widodo dan KSAD Jenderal Agus Subiyanto.
Sumber :
  • Tangkapan layar Antara

Gerak Cepat! Jokowi Dikabarkan Telah Kirim Surat ke DPR Tunjuk Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Selasa, 31 Oktober 2023 - 05:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah mengirim surat presiden (surpres) pergantian Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memang akan segera pensiun pada akhir November 2023. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP, TB Hasanuddin, membenarkan informasi adanya surat presiden (surpres) terkait penggantian Panglima TNI tersebut. Hasanuddin juga mendengar kabar KSAD Jenderal Agus Subiyanto ditunjuk jadi Panglima TNI.

"Iya saya dapat informasi bahwa ada surat itu, Surpres, surat presiden yang dikirim ke DPR yang konon itu adalah surat minta persetujuan dari DPR tentang pengangkatan KSAD, Pak Agus menjadi Panglima TNI," kata Hasanuddin kepada wartawan, Senin (30/10).

Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik menjadi KSAD pada Rabu (25/10). Ia menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.
Meski baru dilantik, Hasanuddin menilai tidak ada aturan yang melanggar jika Agus dipilih menjadi Panglima TNI.
"Karena syarat untuk menjadi Panglima TNI itu adalah perwira aktif yang pernah atau sedang menjabat KSAD. Nah Pak Agus ini perwira aktif, dan sedang menjabat KSAD," ujar TB Hasanudin. 

Hasanuddin mengaku belum mengetahui kapan surpres itu akan ditindaklanjuti oleh DPR. Pasalnya Yudo baru akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2024.
"Paling tidak mungkin minggu depan ya [fit and proper test]," tandas Hasanuddin.

Hal senada disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan Surpres pergantian Panglima TNI sudah disampaikan kepada Ketua DPR Puan Maharani.
"Tadi siang sekitar jam 11.30 WIB, Pak Mensesneg telah menyampaikan secara langsung,  Surpres terkait nama Panglima TNI pengganti Laksamana TNI  Yudo Margono ke Ibu Ketua DPR," kata Ari.
"Nanti Bu Ketua DPR akan menyampaikan keterangan kepada media," ucap dia.

Jederal Agus Subiyanto adalah lulusan Akademi Militer tahun 1991. Di tahun 2005, Agus ditunjuk menjadi Danyon 22/Grup-2 Kopassus. Lalu, di tahun 2008, ia menjadi Kapen Kopassus. Tugas teritorial pertama Agus diembannya pada 2009 sebagai Dandim 0735/Surakarta.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral