Politikus senior PDI Perjuangan Aria Bima sebut Presiden Joko Widodo disebut terpengaruh oleh sosok toxic dari zaman orde baru.
Sumber :
  • Antara

Politisi PDIP Sebut Ada Sosok Toxic Orde Baru di Istana yang Pengaruhi Jokowi, Siapa Sebenarnya yang Dimaksud?

Selasa, 31 Oktober 2023 - 05:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Presiden Joko Widodo disebut terpengaruh oleh sosok toxic dari zaman orde baru. Sosok inilah yang menjadi pengaruh paling besar bagi Jokowi hingga akhirnya mengabaikan sistem meritokrasi dan mengotak-atik sandaran konstitusi. Hal ini dikatakan politikus senior PDI Perjuangan Aria Bima

“Kita tidak ingin virus orde baru, toxic orde baru, ya, toxic relationship orde baru masuk dalam lingkaran Pak Jokowi,” kata Bima di Media Centre TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/10).

Bagi Aria Bima sosok ini kini berada di lingkaran pemerintahan Jokowi dan dikhawatirkan bisa terus memberikan pengaruh buruk, terutama dalam setiap kebijakan yang diambilnya sebagai pimpinan negara.
“Kami tidak ingin toxic orde baru di lingkaran pemerintahan Pak Jokowi membawa pengaruh buruk kepada pak Jokowi.” ujar Aria Bima.

Salah satu dampak dari pengaruh lingkungan toxic ini adalah putusan Mahkamah Konstitusi tentang batas usia minimum capres-cawapres.

Khususnya, penambahan ketentuan yang menyebut pimpinan daerah yang terpilih lewat mekanisme pemilu bisa mendaftar meskipun berusia kurang dari 40 tahun.
“Karena toxic relationship ini akan berakibat pada mundurnya proses kita membangun sistem demokrasi,” kata Bima.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut siapa sebenarnya sosok yang ia tuding sebagai toxic orde baru, Bima mengatakan sosok itu adalah yang meminta Gibran menjadi cawapresnya.
“Beberapa peristiwa sudah terpengaruh. Bagaimana mengabaikan sistem meritokrasi kemudian otak-atik sandaran konstitusi undang-undang hanya sekadar meloloskan keinginan punya cawapres dari putranya (Jokowi)” tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral