Erick Thohir, Dito Ariotedjo, dan Eri Cahyadi meninjau Stadion GBT.
Sumber :
  • Tim tvOne/Zaenal Azhari

Dampak Gelaran Piala Dunia U-17 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Pengamat: Pemerintah Harus Maksimal

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:29 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Gelaran Piala Dunia U-17 Indonesia akan memberikan dampak signifikan kepada pertumbuhan ekonomi termasuk di daerah. Hal tersebut diungkapkan Pengamat ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Gigih Prihantono.

"Besar sekali dampaknya, ada banyak hal yang diambil, seperti di perhotelan, restoran, oleh-oleh atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," kata Gigih di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Salah satu indikator tumbuhnya pertumbuhan ekonomi dari perhelatan Piala Dunia U-17 adalah dengan banyaknya turis asing yang masuk ke Indonesia. Mengingat, turnamen tersebut juga berskala internasional yang secara otomatis mendatangkan turis asing, khususnya para suporter negara-negara peserta.

Gigih menegaskan, pemerintah harus benar-benar memaksimalkan gelaran tersebut dengan gencar mempromosikan berbagai potensi wisata dan produk khas yang dimiliki oleh Indonesia dengan memperkuat koordinasi bersama pelaku industri pariwisata, seperti pelaku usaha hiburan, hotel, restoran dan jasa layanan perjalan.

"Pemerintah harus aktif untuk menggaet pihak-pihak tersebut," ucapnya.

Pergerakan industri pariwisata harus ditunjang dengan keberadaan fasilitas transportasi. Kemudian setiap pemerintah daerah (pemda) membentuk skema destinasi pariwisata yang saling terkoneksi antara satu dengan lainnya.

"Kemudian tempat-tempat wisata yang mendatangkan turis bisa dipercantik dan spot-spot harus dipersiapkan," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
06:20
Viral