Warga berupaya memotong pohon bambu agar anak sekolah dan juga kendaraan roda dua bisa melintas.
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni

Lagi, Longsor Tutup Jalan Penghubung Kecamatan di Toraja Utara, Ratusan KK Terisolir

Rabu, 1 Desember 2021 - 08:25 WIB

Toraja Utara, Sulawesi Selatan- Bencana tanah longsor kembali terjadi di Lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, membuat akses jalan penghubung antara Kecamatan Sopai dengan Kecamatan Dende' Piongan Napo tertutup. Akibatnya ratusan Kepala keluarga terisolir.

“Kami berharap pemerintah Kabupaten Toraja Utara, melalui BPBD segera mengerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor sehingga jalan bisa dilewati kembali oleh masyarakat karena ini jalan penghubung antar kecamatan," terang Meri, Kepala Dusun Sarre yang berada dilokasi.

Longsor yang terjadi Rabu (1/12/2021) pagi tadi, belum bisa dilalui kendaraan roda empat. Warga yang bermukim di sekitar lokasi longsor berupaya memotong pohon bambu dengan alat sedanya agar anak sekolah dan juga kendaraan roda dua bisa melintas.

Meri meminta pemerintah Kabupaten Toraja Utara, melalui BPBD segera mengerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor sehingga jalan bisa dilewati kembali oleh masyarakat.

Selain jalan tertutup, tiga tiang listrik juga ikut roboh, satu diantaranya patah akibat terseret material longsor, mengakibatkan kabel induk PLN jatuh ketanah, sehingga pasokan listrik ke daerah Dende’ dan sekitarnya terganggu.

Akibatnya ratusan kepala keluarga yang berada di Dusun Sarre, Lembang Salu Sarre, Kecamatan Salu Sopai tidak mendapat pasokan listrik. Selain itu, sejumlah pohon tumbang terlihat di lokasi nyaris menimpa sejumlah rumah warga yang tepat berada di bawah lokasi longsor.

Sementara pengguna jalan yang nekat melintas menggunakan sepeda motor harus ekstra hati-hati. Karena selain sulit dilalui, jalan tersebut juga masih rawan terjadi longsor susulan dan pohon tumbang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral