Rapat Kerja Komisi I DPR bersama Panglima TNI.
Sumber :
  • Tim tvOne/Syifa Aulia

TNI Bakal Kerahkan Ratusan Ribu dan Alutsista untuk Pengamanan Pemilu 2024

Selasa, 7 November 2023 - 17:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan sudah menyusun komsel operasi pengamanan Pemilu 2024. Operasi tersebut sudah mulai dijalankan sejak 2023.

Hal itu diungkapkan dalam Rapat Kerja Komisi I DPR bersama KSAU, KSAD, dan KSAL. Yudo mengatakan pihaknua akan mengerahkan ratusan personel TNI dari gabungan matra.

“Guna mendukung pelaksanaan operasi pengamanan pemilu, TNI akan mengerahkan personel prajurit TNI sejumlah 446.516 personel. Dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU,” beber Yudo di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2023).

Dia menjelaskan jumlah personel TNI tersebut akan disebar di seluruh tahapan pemilu. Penurunan personel ini juga dalam rangka melaksanakan bantuan pengamanan kepada Polri.

“Jadi sejumlah ini nantinya akan tersebar baik di ibu kota maupun di seluruh wilayah Indonesia yang mana di sana ada satuan-satuan TNI, baik Kodam, Korem, Kodim, kemudian Koarmada, maupun Koopsud, dan juga di pangkalan-pangkalan TNI Angkatan Laut, maupun TNI Angkata Udara,” jelas Yudo.

Yudo menambahkan pihaknya juga akan menyiapkan dan menyiagakan alutsisa milik TNI AD, TNO AU, maupun TNI AL.

“Jadi alutsista yang ada selain untuk pengamanan, nanti juga kita siapkan juga untuk mendukung logistik pemilu. Karena pasti untuk mendistribusi untuk ke pulau-pulau terluar ini secara rutin setiap pemilu kita biasanya dilibatkan,” tandas dia. (saa/ebs)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral