Sejulah warga binaan tengah menjalani tes HIV/ AIDS dan TBC oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Tangerang.
Sumber :
  • tim tvOne - Rusdy Muslim

Ribuan Warga Binaan di Rutan Kelas I Tangerang Ikuti Pengecekan HIV/Aids dan TBC

Rabu, 1 Desember 2021 - 13:20 WIB

Sebanyak 1.153 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Rutan Kelas I Tangerang mengikuti pengecekan HIV/Aids dan TBC (Tuberkulosis), Rabu (1/12/21) di halaman Rutan Kelas I Tangerang. Pengecekan tersebut merupakan kerjasama antara  rumah tahanan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang untuk mendeteksi tersebarnya penyakit menular.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, pengecekan digelar sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Aids sedunia.

"Untuk memperingati Hari Aidz sedunia, kami dengan rutan pun bekerjasama untuk mengadakan pengecekan ini. Dan tidak hanya Aids/HIV saja, tapi kita juga lakukan pengecekan TBC," katanya.

Tes HIV/ AIDS dan TBC ini menggunakan  metode tes darah, jika dari hasil yang didapat ada salah satu warga binaanyang positif terjangkit penyakit menular tersebut, maka akan dilakulan tindak lanjut dengan tes menyeluruh dan pemberian obat khusus.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Tangerang, Hilman mengatakan, screening penyakit menular itu sangat diperlukan. Hal ini mengingat jumlah warga binaan yang banyak dan tingkat hunian yang padat dapat menyebabkan rawan tertular penyakit.

"Kegiatan pengecekan ini sangat penting sekali bagi kami, untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan rutan. Karena, jumlah narapidana di kita (Rutan Kelas I Tangerang) itu diatas seribu, sedangkan kapasitas normal hanya 700, alhasil kondisi over kapasitas,"

Lanjut Hilman, dari hasil yang diperoleh nanti dapat dijadikan rujukan antisipasi penyebaran penyakit menular di rutan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral