Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Muhammad Bagas

Modernisasi Alutsista, Calon Panglima TNI Agus Subiyanto Bakal Manfaatkan Teknologi Ai

Senin, 13 November 2023 - 15:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkomitmen untuk mewujudkan percepatan modernisasi alutsista dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (Ai).

Hal ini disampaikan Agus saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bersama Komisi I DPR hari ini.

“Dalam rangka mewujudkan percepatan modernisasi alutsista di tubuh TNI, maka pemanfaatan kemajuan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan informatika harus dilakukan secara terprogram,” kata Agus di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu menjelaskan modernisasi alutsista berbasis digital diperlukan guna mendukung pengamanan jalur logistik maritim. Hal ini sebagai wujud kontribusi TNI dalam menyukseskan visi poros maritim dunia.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa teknologi Ai akan dikembangkan di dalam satuan TNI oleh pasukan siber TNI.

“Sekarang kita sudah perangnya sudah menggunakan siber, kemudian drone, nanti kita akan kembangkan di satuan TNI. Sekarang sudah ada pasukan siber, nanti akan kita optimalkan di jajaran TNI,” jelas dia.

Sementara terkait penggunaan drone, dia menuturkan hal itu bisa digunakan saat operasi atau kegiatan lainnya seperti bencana alam. (saa/ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral