Kunjungan ke Palestine buka wawasan Chris Martin soal penindasan Israel.
Sumber :
  • twitter X; @coldplay

Perjalanan Chris Martin ke Palestina Buat Coldplay Bersikap soal Penindasan Israel, Kolaborasi Dengan Le Trio Joubran Hingga Tercipta Lagu Arabesque

Selasa, 14 November 2023 - 05:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Salah satu band dunia yang punya sikap jelas soal kemerdekaan Palestina adalah Coldplay. Penolakan pada penindasan Israel tak hanya jadi pendirian Chris Martin sebagai pribadi, tapi juga diwujudkan dalam bentuk karya musiknya.

Lagu berjudul Arabesque yang terekam dalam album Everyday Life (2019), misalnya berkolaborasi dengan musisi Palestina, Le Trio Joubran.

Ceritanya bermula ketika Chris Martin  cs ke Palestina pada tahu 2017. Dalam proses penggarapan album baru, Chris ingin menggali pemikiran dan meluaskan pandangannya dengan berkunjung ke Palestina. 

Judul Arabesque pada lagu  perpaduan gaya rock, jazz dengan ritme Timur Tengah ini mengacu pada bentuk bentuk, motif-motif hiasan, dkorasi yang artistik yang banyak digunakan di negara negara Islam. Berkembang pesat di Persia Kuno untuk hiasan ubin ubin, vas bunga hingga interior masjid. 

Lirik lagu Arabesque membawa pesan semua orang tak memilih negara tempat dilahirkan, sehingga Orang Barat tak bisa meremehkan orang timur. 

Christ menyebut perjalanannya ke Palestina sebagai menarik dan mencerahkan. Ia juga mengunggah foto foto perjalanannya ke media sosial. 

Dukungan juga disebutkan langsung dalam panggung panggung Chris Martin. Saat menggelar konser di The Citadel, Aman, Yordania untuk promosialbum Everyday Life, Coldplay menegaskan dukungan atas perdamaian Palestina.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
01:33
Viral