Letjen TNI Maruli Simanjuntak.
Sumber :
  • Viva Militer

Jokowi Akui Mantan Danrem Solo Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Calon Kuat KSAD yang Bakal Dilantik Pekan Depan

Minggu, 26 November 2023 - 05:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Setelah mengangkat Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, Presiden Jokowi menyebut akan segera menentukan KSAD pada pekan depan. "(KSAD) belum. Minggu depan ini saya kira kita putuskan," kata Jokowi di Indonesia Arena, GBK, Sabtu (25/11). Salah satu nama yang paling kuat menggantikan  Jenderal Agus Subiyanto di posisi KSAD adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Berkali kali Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyambangi Istana, meski pada wartawan selalu menyebut melaporkan kondisi kesehatan Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini masih di rawat di Singapura. Maruli Simanjuntak adalah mantu Luhut Binsar Pandjaitan.

Letjen TNI Maruli Simanjuntak juga pernah menorehkan prestasi mengesankan saat menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta.

Jokowi tak menampik Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, menjadi salah satu kandidat KSAD yang akan dipertimbangkan. "Salah satu kandidat (KSAD) iya (Maruli)," kata Jokowi.

Sementara itu, Agus mengatakan penunjukan KSAD merupakan hak Jokowi. Yang pasti, kata dia, KSAD merupakan seseorang yang berpangkat bintang 3.
"Tadi disampaikan oleh Bapak Presiden, tentu yang eligible, bintang 3 yang eligible jadi KSAD (hak) Pak Presiden," kata Agus.

Selain Maruli, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkapkan nama lain yang mungkin ditunjuk Jokowi menjadi KSAD yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.(bwo)
·

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral