Letjen Maruli Simanjuntak akan dilantik sebagai KSAD hari ini oleh Presiden Jokowi?.
Sumber :
  • ANTARA

Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut Bakal Dilantik jadi KSAD Menambah Daftar Panjang "Geng Solo" Dalam Lingkaran Terdekat Jokowi

Rabu, 29 November 2023 - 05:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Rabu (29/11) di Istana Negara, Jakarta.Belum ada kabar dari Istana tentang siapa yang akan dilantik, namun Presiden Jokowi pernah menyebut Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, menantu Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu kandidat KSAD yang akan dipertimbangkan.

"Salah satu kandidat (KSAD) iya (Maruli)," kata Jokowi di Indonesia Arena, GBK, Sabtu (25/11).

Berkali kali Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyambangi Istana, meski pada wartawan selalu menyebut melaporkan kondisi kesehatan Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini masih di rawat di Singapura. Maruli Simanjuntak adalah mantu Luhut Binsar Pandjaitan. Letjen TNI Maruli Simanjuntak juga pernah menorehkan prestasi mengesankan saat menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyebut penunjukan KSAD merupakan hak Jokowi. Yang pasti, kata dia, KSAD merupakan seseorang yang berpangkat bintang 3. "Tadi disampaikan oleh Bapak Presiden, tentu yang eligible, bintang 3 yang eligible jadi KSAD (hak) Pak Presiden," kata Agus. 

Selain Maruli, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkapkan nama lain yang mungkin ditunjuk Jokowi menjadi KSAD yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Namun, analis militer dari Semar Sentinel, Alman Helvas Ali menyebut Maruli paling potensial jika dilihat dari aspek jabatan strategis sebagai Pangkostrad dan masa dinas yang masih lama, yakni sampai Februari 2028 sebagai waktu purna tugasnya dari militer.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral